Pentingnya Aplikasi Payroll Pada Sebuah Perusahaan

Aplikasi payroll - Semakin berkembang sebuah bisnis yang dimiliki oleh seseorang, maka pegawai yang dimiliki pun juga akan semakin banyak. Karena jumlah pegawai yang semakin banyak, maka sistem penggajian yang dilakukan juga akan semakin meningkat.

Perusahaan tersebut pastinya akan membutuhkan pengajian dalam skala yang lebih besar. Hal itu tentunya bukan hal mudah untuk dilakukan.

Perusahaan harus memastikan bahwa pemberian gaji tersebut dilakukan dengan adil dan sesuai. Mereka juga perlu menghitung setiap gaji para pegawainya dengan akurat dan tepat.

Hal itu tentunya akan memakan waktu dan juga sulit dilakukan. Sehingga hadirlah aplikasi payroll ini, dimana aplikasi ini adalah aplikasi pembantu bagi pihak HR untuk digunakan mengurus gaji para pekerja.

Pengertian Dari Aplikasi Payroll

Mungkin bagi para HRD aplikasi pembantu terkait gaji ini sudah banyak dikenal. Aplikasi payroll ini tentunya bukan lagi menjadi hal yang asing untuk didengar.

Tetapi, bagi sebagian orang hal ini tentunya masih cukup asing. Lalu, apa sebenarnya aplikasi payroll ini? Apakah aplikasi ini digunakan untuk menghitung gaji seperti kalkulator atau yang lainnya?

Aplikasi payroll ini merupakan sebuah jenis aplikasi pembantu yang bisa digunakan untuk membantu dan memudahkan HR dalam mengurusi gaji para pekerja.

Di dalam sebuah sistem gaji, biasanya perusahaan akan membutuhkan beberapa data terkait dengan kehadiran para karyawan, tunjangan, uang makan, biaya BPJS, sampai dengan bonus lembur.

Di dalam aplikasi ini, semua hal itu sudah tersedia dan tergabung secara lengkap. Sehingga, pihak HR akan bisa lebih mudah untuk menghitung gaji.

Dengan aplikasi untuk Payroll ini, maka perusahaan tidak perlu lagi kesusahan dalam menghitung gaji dari para karyawannya. Mereka akan bisa menghitung gaji karyawan dengan mudah dan cepat.

Terlebih lagi, gaji karyawan ini juga sudah dihitung dengan otomatis baik dalam jam kerja, kehadiran, sampai dengan bonus lemburan bila ada.

Setelah menghitung semua gaji para pekerja, aplikasi payroll ini akan dengan otomatis mentransfer gaji para karyawan dan dikirimkan ke rekening masing-masing, yang diambil dari uang deposito perusahaan.

Alasan Aplikasi Payroll Dibutuhkan Oleh Setiap Perusahaan

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi pembantu HR yang satu ini. Selain karena memudahkan para HR untuk mengurus gaji dan bisa menghitung gaji secara otomatis.

Aplikasi ini juga bisa menghitung pajak dan potongan tertentu sebelum gaji para karyawan dijumlahkan dan dibayar secara total. Selain itu, aplikasi ini juga diperlukan di sebuah perusahaan karena beberapa hal yang lainnya.

Salah satu faktornya adalah proses penggajian karyawan yang harus dilakukan secara rutin di setiap bulannya. Membuat perusahaan haruslah mengurus hal ini dengan teratur dan akurat, seta tidak boleh ada kesalahan dalam pelaksanaannya.

Karena hal itulah, maka menggunakan aplikasi payroll ini adalah hal yang tidak boleh diremehkan. Karena hal ini memang sangat penting, terlebih lagi jika perusahaan yang dimiliki adalah perusahaan berskala besar.

Dengan adanya aplikasi untuk penggajian ini, maka perusahaan tidak perlu lagi khawatir akan adanya kesalahan dalam proses penggajian.

Karena aplikasi payroll ini akan bisa menghitung gaji para karyawan dengan otomatis, sehingga tidak akan ada kesalahan dalam perhitungannya. Dengan begitu, proses penggajian juga akan bisa dilakukan dengan cepat dan efektif.

Manfaat Dari Aplikasi Payroll Untuk Perusahaan

Aplikasi ini memang memiliki banyak sekali keunggulan dan manfaat untuk sebuah perusahaan. Selain dengan dapat menghemat waktu dan juga energi untuk menghitung gaji dari setiap karyawan. Aplikasi payroll ini juga bermasalah untuk mengontrol biaya dari gaji karyawan juga bisa digunakan untuk mengeliminasi kesalahan yang ada. Dengan proses perhitungan dan juga pengiriman gaji para karyawan yang bisa dilakukan dengan cepat dan singkat.

Maka hal ini akan bisa memudahkan pihak finance dan juga HRD bekerja dengan lebih efektif untuk tugas-tugas yang lainnya. Selain dengan hal itu, menggunakan software yang satu ini dalam sebuah perusahaan, akan bisa membuat pengeluaran perusahaan lebih terkendali.

Kenapa demikian? Hal ini karena, dengan adanya aplikasi payroll, perusahaan menjadi tidak perlu lagi menyewa jasa orang ketiga.

Dengan begitu, perusahaan juga akan lebih hemat dan bisa menggunakan biaya sewa pihak ketiga tersebut untuk hal lain.

Bukan itu saja, dengan memiliki aplikasi payroll sendiri di perusahaannya. Hal ini akan bisa menghindarkan perusahaan dari adanya miscommunications terkait gaji para karyawan.

Hal ini karena dengan aplikasi ini, gaji karyawan akan dilakukan dengan otomatis sehingga bisa meminimalkan adanya banyak pihak yang ikut campur didalamnya.

Setelah mengetahui tentang beberapa hal terkait dengan pengertian payroll dan juga manfaatnya, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang beberapa fungsi dari aplikasi ini. Berikut adalah beberapa fungsinya.

Berfungsi Untuk Menghitung Potongan Sekaligus Jumlah Gaji

Aplikasi payroll ini berfungsi untuk menentukan jumlah gaji karyawan. Hal pertama yang perlu dihitung dalam penggajian adalah jumlah dari gaji kotor.

Setelah aplikasi ini menentukan jumlah dari gaji kotor, maka sistem akan langsung menghitung jumlah potongan untuk pajak, biaya BPJS, sampai dengan biaya asuransi yang lainnya.

Setelah semua potongan tersebut dihitung, maka gaji bersih akan muncul, karena gaji kotor sebelumnya akan langsung dihitungkan potongannya dengan otomatis.

Setelah semua selesai, maka gaji bisa langsung ditransfer secara otomatis kedalam rekening karyawan yang sudah di daftarkan.

Bahkan, pada beberapa aplikasi payroll, mereka bisa langsung menyertakan biaya pengganti dari reimbursement dan juga biaya untuk pengobatan yang tidak menggunakan asuransi seperti BPJS.

Mereka juga bisa menghitung tentang biaya pengeluaran lainnya dari karyawan secara otomatis.

Aplikasi Payroll Berfungsi Untuk Membuat Formulir Pajak

Selain digunakan untuk menghitung gaji karyawan, aplikasi payroll ini juga bisa digunakan untuk membuat formulir pajak. Mereka bisa membuat formulir tersebut sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan maupun karyawan. Formulir yang dibuat itu juga bisa langsung dikirim ataupun dicetak secara langsung oleh pihak yang bersangkutan.

Aplikasi Payroll Dapat Digunakan Untuk Menyimpan Data Dengan Otomatis

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang sebagai aplikasi yang serbaguna. Selain untuk urusan gaji, payroll juga bisa digunakan untuk menyimpan data yang otomatis dan juga aman.

Seperti yang diketahui jika kita menyimpan sebuah data masih dengan cara yang manual, maka ini akan memakan waktu yang lama. Buka hanya itu, hal ini juga tidak praktis karena membutuhkan banyak kertas.

Dengan adanya aplikasi payroll maka, daya perusahaan bisa disimpan dengan otomatis oleh sistem, terlebih untuk data lama yang akan sudah tidak dibutuhkan. Anda bisa menghapusnya dengan mudah dan cepat.

Tanpa perlu menumpuk kertas dan memilah-milahnya, dan ini tentunya berbeda dengan penyimpanan data manual.

Dimana Anda akan menumpuk banyak kerta dan bisa memenuhi ruangan, selain itu saat ingin mencari data tersebut, Anda pun akan kesusahan menemukannya karena ada banyak sekali berkas lainnya yang tersimpan bersama.

Aplikasi Ini Bisa Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Setiap perusahaan tentunya akan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan yang lainnya. Di aplikasi payroll ini, mereka bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki oleh perusahaan.

Pihak perusahaan bisa mengatakan tentang berbagai kebutuhan yang mereka miliki kepada pihak vendor aplikasi ini.

Contohnya adalah jika perusahaan yang dimiliki adalah perusahaan dengan skala kecil atau sedang, maka perusahaan bisa meminta sedikit fitur.

Sedangkan untuk perusahaan dengan skala yang besar, pastinya membutuhkan lebih banyak fitur. Dengan begitu, maka pihak perusahaan bisa langsung menyampaikan hal tersebut kepada vendor.

Dengan begitu, pihak vendor aplikasi akan bisa langsung menyesuaikannya dengan kebutuhan dari perusahaan tersebut.

Bukan itu saja, perusahaan juga bisa langsung melakukan investasi di aplikasi ini agar bisa melakukan integrasi terhadap aspek perencanaan dan juga aspek yang lainnya.

Karena ada banyak sekali aspek perusahaan yang mungkin akan sangat membantu seperti pada bagian penjadwalan, izin, sampai dengan absensi.

Menyediakan Fitur Untuk Self-Service

Di aplikasi ini, mereka menyediakan fitur yang memungkinkan untuk melakukan self service bagi setiap karyawan. Mereka bisa langsung secara otomatis mengakses data terkait dengan informasi gaji, waktu kerja, potongan, bonus lembur, atau hal yang lainnya.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengajukan cuti atau hal lain secara otomatis tanpa perlu menemui HRD.

Dengan demikian, maka para pegawai pun akan bisa lebih mudah untuk mendapatkan haknya. Mereka bisa langsung mengajukan seperti cuti dengan mudah melalui aplikasi tanpa perlu membuat surat permohonan dan menemui HRD.

Pihak HR pun juga akan bisa lebih mudah dalam mengurus hal karyawan tersebut karena sudah masuk secara otomatis kedalam sistem. Pihak HR hanya perlu melakukan persetujuan ataupun tidak dengan memberikan alasan yang jelas.

Merupakan Aplikasi Berbasis Penyimpanan Awan

Hampir di semua aplikasi tentang payroll, saat ini sudah menggunakan penyimpanan awan atau cloud. Dengan hal ini, maka data yang disimpan bisa diakses kapan saja dan juga dimana saja seperti yang Anda inginkan.

Hanya butuh sebuah perangkat yang terkoneksi dengan internet, maka aplikasi payroll bisa diakses dengan mudah. Selain itu, dengan sistem penyimpanan yang berbasis cloud, sistem penyimpanan ini juga bisa langsung terupdate secara otomatis.

Semua perubahan terkait dengan kebijakan baru yang berlaku, pajak, kenaikan gaji, ataupun hal yang lainnya dan semacamnya. Aplikasi ini akan bisa langsung di update dengan otomatis mengikuti dengan kebijakan yang ada.

Aplikasi Talenta Yang Bisa Membantu Kerja HR

Aplikasi Talenta merupakan sebuah aplikasi yang diciptakan oleh Mekari. Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi pembantu HR yang serba guna. Aplikasi Talenta payroll ini akan bisa membuat HR menjadi lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya.

Di aplikasi Talenta ini, mereka memiliki berbagai macam fitur mulai dari pengaturan gaji sampai dengan pengajuan cuti karyawan dan juga hal lainnya.

Aplikasi HR Talenta ini juga sudah terintegrasi dengan berbagai macam hal yang berkaitan dengan sistem HR mulai absen, jadwal, penilaian karyawan, gaji sampai dengan pengajuan cuti.

Dengan aplikasi ini maka proses perhitungan bisa dilakukan dengan cepat dan lebih efisien. Selain itu aplikasi ini juga bisa melakukan perhitungan gaji karyawan dengan sangat cepat dan tepat.

Buka hanya itu, perhitungan gaji karyawan di talenta ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam komponen pendukung lainnya yang bisa dilakukan secara otomatis seperti peraturan dari perusahaan yang sedang berlaku.

Itulah artikel yang dapat saya tulis terkait dengan aplikasi pembantu HR payroll ini, saya harap artikel yang sudah saya tuliskan dapat menambah pengetahuan Anda dan bermanfaat.***

Penulis:

Baca Juga