Inovasi TabeDoc, Solusi Dinkes Sinjai Bantu Warga Dapatkan Layanan Kesehatan Gratis

KATASINJAI - Dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melalui Dinas Kesehatan menyiapkan aplikasi berbasis online yang disebut TabeDoc Sinjai (Tanya Jawab Online Bersama Dokter).

Inovasi yang diluncurkan sejak tahun 2020 lalu ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan dalam menerima akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat, khususnya layanan konsultasi dengan dokter secara online.

Aplikasi TabeDoc ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi tersebut melalui playstore di handphone android masing-masing kemudian melakukan pendaftaran dengan memasukkan nomor ponsel yang digunakan.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr Emmy Kartahara Malik mengungkapkan, TabeDoc ini sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis dengan dokter tanpa perlu melakukan tatap muka langsung atau berkunjung ke sarana pelayanan kesehatan.

"Melalui aplikasi ini masyarakat bisa berkonsultasi dengan dokter terkait penyakit yang dideritanya melalui android, karena ada dokter yang ditugaskan untuk menerima keluhan masyarakat melalui aplikasi tersebut," katanya, Selasa (8/3/2022).

Menurutnya, selama ini layanan TabeDoc diminati oleh masyarakat sehingga jika ada yang sakit bisa langsung konsultasi dan dengan cepat akan ditanggapi oleh dokter untuk memberikan solusi atau penanganan selanjutnya.

Dalam perkembangannya di era pandemi Covid-19 saat ini, aplikasi TabeDoc ini juga menjadi solusi bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar Covid-19.

"Jadi masyarakat yang menjalani isoman bisa konsultasi langsung dengan dokter secara online dan tentu dokter akan memantau perkembangannya selama masa menjalani isolasi tanpa mengunjungi pasien. Termasuk mengkonsultasikan terkait obat-obat/vitamin yang diberikan selama menjalani isoman," jelasnya.

Selain itu, kata dia, aplikasi TabeDoc juga telah terintegrasi dengan seluruh nomor telepon pelayanan PSC 119 di seluruh kecamatan di Kabupaten Sinjai.

"Aplikasi ini juga sudah integrasikan dengan seluruh pelayanan PSC 119 sehingga jika ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan mobil ambulance untuk dirujuk ke rumah sakit atau puskesmas bisa dihubungi melalui aplikasi ini juga," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa mendukung penuh dengan adanya aplikasi tersebut. Menurutnya, masyarakat Sinjai semakin akan terlayani dengan baik, khususnya di bidang kesehatan.

"Masyarakat yang memiliki gangguan kesehatan ringan atau sedang tidak perlu ke rumah sakit, cukup konsultasi online lewat aplikasi. Apalagi di masa Covid-19 ini, banyak masyarakat yang takut ke rumah sakit. Aplikasi Ini juga menjadi solusi efektif bagi masyarakat yang menjalani isoman akibat terpapar Covid-19," ujarnya.

Andi Seto berharap kedepan, aplikasi tersebut bisa lebih dikembangkan lagi dengan melibatkan para apoteker sehingga masyarakat juga bisa melakukan konsultasi secara online terkait obat-obat yang dikonsumsi. ***

Penulis: Ashari

Baca Juga